Proses Pembuatan Madu Oleh Lebah

Posted on: November 11, 2015, by :
Madu Malika

Selama ini kita hany tahu bahwa Madu dihasilkan oleh Lebah Madu, lantas bagaimana cara Lebah Madu membuat Madu yang kita konsumsi sehari-hari ?. Berikut akan kita bahas proses pembuatan madu oleh lebah madu.

Madu tidak dihasilkan begitu saja oleh lebah, namun melalui proses yang cukup panjang dan memakan waktu. Madu itu sendiri dihasilkan oleh lebah sebagai pasokan cadangan makanan koloni mereka. Madu adalah zat manis yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga, sedangkan Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga yang terdiri dari gula kompleks dan sekitar 80% air. Saat mencari nektar, lebah juga membantu penyerbukan bunga yang penting dalam rangkaian proses perkembangbiakan tanaman. Rasa manis madu diperoleh dari monosakarida, fruktosa dan glukosa.

Lalu bagaimana Lebah membuat Madu ?

-> Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya. Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam perut lebah.

-> Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.

-> Lebah pekerja muda yang berada di sarang lantas mengubah nektar menjadi madu.  Hal ini dilakukan dengan menambahkan berbagai enzim dari mulut lebah pekerja ke nektar untuk kemudian mengubahnya menjadi madu mentah. Proses ini memakan waktu sekitar 20 menit.

-> Madu mentah lantas disimpan di dalam sarang tempat madu. Pada tahap ini madu masih memiliki kandungan air tinggi.

-> Madu mentah lantas secara berangsur dikurangi kadar airnya. Kepakan sayap lebah dalam sarang merupakan salah satu metode lebah untuk menurunkan kadar air dalam madu mentah.

-> Madu dianggap matang jika kadar air telah turun ke level tertentu. Madu matang lantas dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan oleh semacam lembaran di bawah perut lebah.

Setelah proses pembuatan madu  ini, madu siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia. Ternyata setelah melalui proses diatas, barulah kita dapat mengkonsumsi madu baik dicampur dengan minuman ataupun makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *